7 TEMPAT PALING POPULER DI SULAWESI

By | September 11, 2017

Sebetulnya Indonesia tersebut kaya akan keanekaragaman nikmati dan alam yang unik mempesona. Sehingga banyak turis tertarik untuk mengunjungi Nusantara untuk menikmati alamnya yg indah bagaikan surga. Hingga bagi wisatawan nusantara, berlibur di negeri sendiri amat mengasyikan dan menyenangkan tentu berlibur bersama dengan teman, teman atau keluarga. Salah satunya merupakan menikmati 7 Tempat Sangat Populer Di Sulawesi Timur ini.

Berikut 7 Lokasi Paling Populer Di Sulawesi Selatan yang wajib Berwisata bersama teman dan keluarga ketika berlibur ke Sulawesi Selatan.

1. Fort Rotterdam

Fort Rotterdam atau Benteng Ujung Lihat adalah sebuah benteng Kerajaan Gowa-Tallo yang terletak pada pinggir pantai sebelah timur kota Makassar, Provinsi Sulawesi Selatan. Benteng ini dibuka pada tahun 1545 dengan Raja Gowa ke-9 yg bernama I Manrigau Daeng Bonto Karaeng Lakiung Tumapa’risi Kallonna.

Awalnya benteng tersebut terbuat dari tanah liat namun pada pemerintahan Raja Gowa ke-14 Sultan Aloudin kontruksi ini diganti jadi batu padas yang bersumber dari Gunung Karst yang ada di daerah Maros. Benteng Ujung Pantang tersebut berbentuk seperti seekor kura-kura yang hendak merangkak menurun ke lautan. Dari sisi bentuknya sangat jelas filosofi Kerajaan Gowa bahwa kura-kura dapat hidup di darat dan juga laut. Begitupun menggunakan Kerajaan Gowa yang berjaya di daratan dan juga laut.

Di komplek Benteng Bawah Pandang kini juga ada Museum La Galigo yg di dalamnya terdapat sejumlah referensi mengenai sejarah kebesaran Makassar (Gowa-Tallio) dan wilayah lainnya yang ada di Sulawesi Timur.

2. Taman Nasional Bantimurung -Bulusaraung

Taman Nasional Bantimurung-Bulusaraung terletak di Kabupaten Maros dan Kabupaten Pangkajene, Daerah Sulawesi Selatan. Di biota ini Anda dapat menyusuri gua-gua karst dengan stalaknit dan stalakmit yang unik seperti kupu-kupu. Taman nasional ini merupakan salah satu pilihan wisata paling populer pada Sulawesi Selatan yang menyajikan wisata alam berupa lembah bukit kapuryang curam menggunakan vegetasi tropis, air terjun lalu gua dengan berbagai macam jenis termasuk kupu-kupu.

Di Biota Nasional Bantimurung-Bulusaraung setidaknya ada 80 gua dan goa prasejarah yang bertebaran pada areal seluas 43. 500 hektar.

3. Trans Studio Makassar

Trans Studio Bali adalah taman hiburan ke-2 terbesar di Indonesia sehabis Trans Studio Bandung. Trans Studio Theme Park menampilkan 22 wahana permainan lalu bermacam bentuk hiburan yg terdapat dalam 4 tempat dengan tema yang berbeda lalu unik. Di areal yang luasnya 2, 7 hektar tersebut para pengunjung dapat merayakan bagaimana menjadi seorang bulan di depan kamera dan menjadi orang-orang di bawah layar seperti tayangan didalam televisi.

Trans Studio Bali merupakan salah satu Tempat Sangat Populer Di Sulawesi Timur dan terbuka untuk khusus dari hari Senin-Jum’at yang harganya tiket sebesar Rp. 150, 000, – dan di hari Sabtu-Minggu atau liburan dengan harga tiket sebesar Rp. 150. 000, –

4. Ramang-Ramang

Ramang-ramang adalah suatu tempat di gugusan gunung karst (kapur) Maros-Pangkep. Pastinya berada di Desa Salenrang, Kecamatan Bontoa, Kabupaten Maros, Daerah Sulawesi Selatan atau memiliki jarak sekitar 40 kilometer dibagian barat kota Makassar.

Ramang-ramang dapat ditempuh melalui transportasi darat dengan kendaraan bermotor dalam waktu sekitar 2 jam dari kota Bali. Nama Ramang-ramang bersal daripada Bahasa Makassar dimana menurut ceria Ramang berarti “awan” ataupun “kabut”. Jadi Ramang-ramang adalah tempat sekumpulan awan ataupun kabut yang selalu menurun disetiap pagi hari ataupun ketika turun hujan.

Pada Ramang-ramang Anda dapat mendapatkan beberapa tempat menarik lalu menakjubkan seperti Taman Belantara hutan Batu Kapur, Telaga Bidadari, Gua Bulu Barakka, Goa Telapak Tangan, Gua Pasaung, Sungai Pute dan juga Desa Berua.

Dengan luas areal daerah 45. 000 hektar, Ramang-ramang merupakan kawasan karst besar ketiga di dunia sehabis Tsingy di Madagaskar lalu Shilin di Tiongkok.

5. Pantai Losari

Pantai Losari adalah salah satu tempat sangat populer Di Sulawesi Timur lainnya yang patut Berwisata. Pantai ini menjadi lokasi warga Makassar untuk buang-buang waktu di pagi H, siang dan malam H menikmati matahari tenggelam (sunset) yang indah.

Pantai ini terkenal juga sebagai pusat seafood dan ikan bakar pada malam hari serta dikatakan sebagai warung terpanjang pada dunia yang panjangnya sekitar 1 kilomter di sepanjang Pantao Losari.

6. Taman Nasional Taka Bonerate

Taman Nasional Taka Bonarate adalah biota laut yang mempunyai tempat atol terbesar ketiga pada dunia. setelah Kwajifein pada Kepulauan Marshall dan Suvadiva di Kepulauan Maladewa. Seluas atol sekitar 220. ribu hektar dengan sebaran karang-karang lebih dari 500 kmĀ².

Biota Nasional Taka Bonerate berada di kecamatan Takabonerate, Kawasan Kepulauan Selayar, Sulawesi Timur, Indonesia. Taman ini jadi salah satu Tempat Paling Terkenal Di Sulawesi Selatan yg wajib Anda kunjungi.

Selain bisa menikmati keindahan bawah lautnya, Di Taman Nasional Takabonerate, Anda juga dapat melihat festival yang bertajuk Sail Taka Bonerate setiap tahunnya.

Taman yang terdiri dari tiga pulau kecil ini amat bagus untuk kegiatan snorkeling, snorkeling dan wisata kepulauan lainnya. Tofografi kawasan amat unik dan menarik tuk Anda jelajahi dimana atol yang terdiri dari pulau-pulau Pramuka karang dan rataan karang-karang yang luas dan terbenam membentuk pulau-pulau yang banyak sekali.

Diantara pulau-pulau gosong karang-karang, Anda juga dapat melihat selat-selat yang sempit lalu dalamsementara di bagian rataan terumbu karang Anda dapat menyaksikan kolam kecil yang didalam yang dikelilingi oleh karang-karang.

7. Pantai Akkarena

Bahari Akkaraena adalah salah satu Lokasi Paling Populer Di Sulawesi Selatan lainnya yang bisa Anda kunjungi dan nikmati keelokannya. Pantai ini biasanya diproyeksikan pilihan tempat rekreasi dengan keluarga di hari libur menjadi sarana untuk bermain, menjejakkan kaki atau berolahraga. Pantai yang warnanya hitam ini menawarkan keelokan pantai. Pantai ini pun terkenal dengan matahari terbenamnya (sunset) yang sangat indah yg bagaikan lukisan alam terdaftar diatas cakrawala senja.

Bahari seluas DUA BELAS hektar tersebut mulai beroperasi dari jam 07. 00 – 22. 10. Sementara untuk hari-hari tersendiri Pantai Akkarena ditutup s.d jam 00. 00 WITA.

Nah itulah 7 Lokasi Paling Populer di Sulawesi Selatan yang wajib Berwisata bersama teman, sahabat ataupun keluarga saat berlibur ke Sulawesi Selatan.