Pulau Tidung

Bagi masyarakat modern di jaman sekarang ini, terutama masyarakat ibukota, liburan atau traveling dapat dikatakan sudah menjadi kebutuhan pokok. Jadi, sesekali di akhir pekan gunakan waktu luang Anda untuk kabur sejenak ke surga kecil yang terletak tak jauh dari Jakarta. Surga kecil tersebut adalah Pulau Tidung, yang merupakan bagian dari kawasan Kepulauan Seribu, Provinsi DKI Jakarta. Di antara deretan pulau-pulau kecil di Kepulauan Seribu, pulau ini tergolong yang paling besar serta memiliki penduduk terbanyak. Potensi wisata pulau cantik ini telah dikembangkan bahkan sejak tahun 70-an.

Indahnya Pulau Tidung

Di era social media, sebagaimana saat ini, traveling serta menunggah foto obyek wisata telah menjadi trend yang semakin marak terutama di kalangan anak muda. Dampak positif dari trend ini adalah sebagai sarana promosi yang membuat popularitas sebuah obyek wisata menjadi kian dikenal. Tak hanya populer di kalangan wisatawan lokal, di musim liburan serta akhir pekan pulau ini juga banyak dikunjungi turis mancanegara. Pengelola pun kian giat meningkatkan fasilitas obyek wisata agar pengunjung semakin nyaman saat berlibur ke Pulau Tidung.

wisata Pulau Tidung

Tak jauh berbeda dengan pulau-pulau resor populer lainnya di Indonesia, di sini Anda juga bisa menemukan fasilitas water sport, akomodasi penginapan yang nyaman, tempat beristirahat di sekitar pantai, hingga spot selfie yang menarik. Walaupun berada di dekat Jakarta, keindahan pulau ini sesungguhnya tak kalah dengan obyek wisata pantai lainnya yang sudah lebih dulu terkenal di tanah air. Menginjakkan kaki di pulau wisata ini Anda akan disambut pemandangan pantai yang indah dengan  pasir putihnya yang lembut serta perairannya yang jernih berwarna biru kehijauan.

Aktivitas liburan di Pulau Tidung

Ada beragam kegiatan liburan yang bisa Anda lakukan di tempat ini. Yang pertama tentu saja aktivitas wisata pantai yang umum dilakukan, yaitu berenang, bermain pasir, atau berjalan-jalan di sekitar pantai sambil merasakan deburan ombak di kaki. Anda juga bisa mencoba beragam wahana permainan air di tempat ini, misalnya banana boat, donut boat, atau perahu kano. Pengunjung juga bisa menikmati pemandangan bawah laut yang cantik dengan snorkeling atau diving. Terumbu karang di kawasan perairan Tidung konon tak kalah dengan yang terdapat di obyek wisata snorkeling lainnya.

Bila ingin menikmati tidur di bawah taburan bintang yang berkelap-kelip, Anda bisa berkemah di camping Ground Pulau Tidung Kecil. Daerah Tidung Kecil dapat dicapai dengan melintasi Jembatan Cinta yang panjangnya sekitar 800 meter. Tempat ini telah dilengkapi fasilitas yang memadai, mulai  dari air bersih, kamar mandi, serta tempat ibadah. Di Tidung Kecil tak ada penduduk yang tinggal karena merupakan kawasan konservasi pembudidayaan hutan mangrove untuk melindungi pantai dari abrasi. Di bagian akar tumbuhan mangrove ini juga menjadi rumah untuk  ikan-ikan kecil serta berbagai satwa laut. baca wisata pulau pari

Obyek wisata populer Pulau Tidung

Beberapa obyek wisata yang tak boleh terlewatkan saat berkunjung ke pulau wisata ini antara lain:

  • Pantai Tanjongan Timur – Pantai ini merupakan pantai utama pulau yang mempunyai pemandangan indah, khas pantai tropis yang eksotis dengan pasirnya yang berwarna putih dan lembut. Di sini Anda juga bisa menikmati wisata kuliner dengan mencicipi ikan panggang yang lezat atau merasakan segarnya es kelapa muda sambil menikmati pemandangan pantai.
  • Pantai Saung Perawan – Terletak tak jauh dari pantai utama, pengunjung yang ingin suasana pantai yang masih alami tak boleh melewatkan pantai yang satu ini. Pengelola telah menyediakan spot selfie berupa beberapa ayunan yang diikatkan pada pepohonan.
  • Jembatan Cinta – Inilah icon wisata Pulau Tidung yang menghubungkan kawasan Tidung Besar dan Tidung Kecil. Jembatan ini juga merupakan tempat menyaksikan momen sunrise dan sunset di pantai.

Semoga bermanfaat!

Obyek wisata Pulau Tidung Kepulauan Seribu