Surganya dunia, banyak orang yang bilang, ada di Raja Ampat. Keindahan alamnya begitu memesona banyak wisatawan. Gugusan pulau hijau, biru bersih laut, pasir putih pantai yang belum tercemar, keindahan pemandangan alam bawah laut dan masih banyak lagi. Jika Anda ingin berwisata ke Raja Ampat, jangan lupa untuk berwisata ke Pantai Yeben Raja Ampat yang Eksotis.

Pantai Yeben

Mengulik Keindahan Pantai Yeben yang Menawan

Pantai Yeben belum banyak dibicarakan dan dipromosikan. Padahal, pantai ini dikatakan  merupakan keajaiban wisata alam yang ada di Raja Ampat. Maka tak berlebihan jika banyak wisatawan yang langsung jatuh hati pada pandangan pertama ketika berjumpa dengan Pantai Yeben.

Pantai Yeben berada di pulau kecil tak berpenghuni. Keindahannya tak perlu diragukan lagi. Memiliki hamparan pasir putih, air laut yang jernih berwarna paduan antara hijau dan biru, serta keindahan biota dan bawah lautnya.

Peraturan Ketat Demi Kelestarian Pantai Yeben

Untuk melakukan penyelaman, banyak peraturan yang cukup ketat di pantai ini. Hal itu demi menjaga lingkungan dan alam bawah laut Pantai Yeben agar tetap lestari. Mungkin, peraturan tersebut adalah terketat di Indonesia. Wisatawan yang ingin menyelam tapi belum memiliki sertifikat, maka tak diperbolehkan menyelam. Di samping menjaga kelestarian alam bawah laut, juga demi menjaga keselamatan wisatawan, maka aturan itu diberlakukan. Karena arus air bawah laut Pantai Yeben tak bisa diprediksi.

Tak perlu bersedih hati, wisatawan yang belum memiliki sertifikat menyelam, masih bisa melakukan snorkeling dan berenang. Pemandangan bawah laut Pantai Yeben ini sangat indah, di mana pengunjung bisa memiliki jarak pandang di dalam air melebihi 5 meter. Anda bisa snorkeling dan melihat terumbu karang yang hidup.

Kenakan Alas Kaki Saat di Pantai

Pengunjung yang sedang berwisata di Pantai Yeben sebaiknya mengenakan alas kaki, baik sendal ataupun yang lain, agar tak terluka bila melakukan renang dan snorkeling disebabkan terkena koral atau ikan pari yang tiba-tiba muncul. Ada baiknya lagi, untuk wisatawan yang ingin melakukan snorkeling, bisa memakai masker, snorkle dan fin yang fungsinya akan sangat membantu.

Sedangkan bagi wisatawan yang tak bisa berenang, bisa menggunakan pelampung yang sudah banyak disediakan di kapal-kapal yang mengangkut para turis. Jangan sampai menginjak terumbu karang yang masih hidup dan juga jangan menginjak dasar laut, karena khawatir terumbu karang akan rusak dan agar biota laut di dalamnya juga tak terganggu. baca tempat wisata di lombok

Prosedur dan Perjalanan ke Pantai Yeben

Untuk berwisata di Pantai Yeben, pengunjung harus membeli sebuah pin terlebih dahulu sebelum masuk di kawasan Raja Ampat. Pembelian bisa dilakukan di Tourist Information Center (TIC) yang ada di hotel Meridien, di depan Bandara Domine Eduard Osok, Sorong Papua Barat. Fungsi pin tersebut sebagai pass.

Berbeda dengan tempat wisata lain, Pin pass di Raja Ampat tersebut masa berlakunya selama satu tahun. Misalnya saja jika Anda membeli pada bulan Februari, maka pin itu masih bisa digunakan sampai bulan Januari di tahun berikutnya.

Harganya berbeda antara turis mancanegara dengan lokal. Untuk turis lokal, per orang dikenai biaya sebesar Rp500.000 dan wisatawan mancanegara sebesar Rp1.000.000 per orang. Jika Anda sedang berwisata d kepulauan Panemo, maka jangan lupa untuk berwisata ke Pantai Yeben Raja Ampat. Karena jaraknya lumayan dekat, sekitar 1 jam perjalanan sudah bisa sampai ke Pantai Yeben. wisata pulau tidung kepulauan seribu

Itulah ulasan sedikit mengenai Pantai Yeben Raja Ampat yang eksotis. Sangat eksotis memang, jadi jangan sampai tidak menyempatkan diri berkunjung ke sana, ya!

 

 

Wisata ke Pantai Yeben Raja Ampat yang Eksotis