Hampir semua pulau wisata di kawasan Kepulauan Seribu mempunyai ikon wisatanya masing-masing yang unik dan selalu menjadi tujuan utama para wisatawan, misalnya, Pulau Tidung dengan Jembatan Cintanya. Sementara di Pulau Pari obyek wisata yang paling populer adalah Pantai Pasir Perawan. Bahkan bisa dibilang bahwa di pantai ini aktivitas liburan para wisatawan berpusat. Anda berniat untuk menghabiskan liburan atau akhir pekan di pulau yang indah itu? Simak ulasan berikut ini.

Pantai Pasir Perawan di Pulau Pari

Dibandingkan tujuan wisata pantai pada umumnya, Pantai Pasir Perawan ini memang tidak terlalu luas, yaitu hanya 10 km saja dan berada di bagian utara pulau wisata ini. Menginjakkan kaki di pantai ini Anda akan disambut oleh pasir yang putih dan lembut serta panorama lautan yang menakjubkan dengan perairannya yang jernih dan berwarna biru kehijauan.

Di sekitar pantai pepohonan tumbuh lebat sehingga suasana cukup teduh. Di musim-musim liburan Anda akan menyaksikan pemandangan puluhan pelancong beraktivitas liburan di pantai ini,  mulai dari sekedar bersantai di saung-saung yang tersedia, anak-anak bermain pasir atau berlarian di ombak yang ramah, berswafoto atau berjemur.baca juga suber infonya di paket pulau pari 2018

Harga tiket masuk (HTM) untuk mengakses obyek wisata Pantai Pasir Perawan ini adalah 5 ribu rupiah saja. Sangat terjangkau, bukan? Tarif retribusi tersebut selanjutnya akan disalurkan untuk dana pemeliharaan serta peningkatan fasilitas oleh pemda setempat. Jadi pengunjung bisa semakin nyaman berlibur ke Pulau Pari ini.

Yang sangat membanggakan, Pantai Pasir Perawan pernah mendapat predikat sebagai pantai terbersih bila dibandingkan obyek wisata pantai lainnya di Kepulauan Seribu. Perlu diketahui bahwa aturan untuk tidak membuang sampah sembarangan di tempat ini sangat tegas dan bila nekat untuk melakukannya, bersiap-siaplah untuk kena teguran dan sangsi oleh petugas.

Di sekitar pantai Anda bisa menemukan deretan café dan warung yang menyediakan beragam penganan lezat mulai dari snack dan minuman segar sampai makanan berat. Menu umum yang tersedia adalah makanan khas Indonesia, seperti bakso, mie ayam, bihun goreng, nasi goreng, dan mie goreng. Sajian paling istimewa tentu hidangan laut, umumnya ikan panggang yang diolah dari ikan segar tangkapan nelayan setempat.

Anda juga bisa meminta warung makan untuk menyediakan pesta barbeque untuk menikmati berbagai hasil laut di tepi pantai bersama rekan seperjalanan. Jangan lupa segelas es kelapa muda sebagai pelengkap kuliner lezat tersebut. Bila berkunjung pada bulan September dan Oktober Anda bisa menikmati manisan ceremai dan olahan buah sukun  yang legit, karena memang pada bulan-bulan itulah musim berbuahnya. baca wisata pulau pari

Aktivitas wisata lain di Pulau Pari

Selain menikmati liburan pantai di Pulau Pasir Perawan, pilihan aktivitas wisata lain yang bisa Anda lakukan adalah menjelajahi hutan mangrove (bakau) dengan perahu tradisional. Selain itu pengunjung juga bisa mencoba wahana permainan air seperti banana boat dan perahu kano yang pasti seru dilakukan bersama teman-teman terdekat. Untuk mendapatkan pengalaman liburan yang tak terlupakan, jangan lewatkan untuk mencoba snorkeling demi menikmati panorama indah bawah laut pulau wisata ini.

Tak perlu khawatir bila Anda tak mempunyai peralatan snorkeling sendiri karena tersedia persewaan alat seharga 35 ribu rupiah. Bagi para pemula wajib didampingi oleh pemandu untuk menjaga keamanan Anda. Bila mengambil paket wisata ke Pulau Pari pada jasa tour and travel umumnya aktivitas snorkeling ini sudah termasuk daftar kegiatan. Terakhir, jangan lupa untuk belanja oleh-oleh di deretan toko souvenir di sekitar pantai PASIR Perawan.

 

Nah, selamat berlibur ke Kepulauan Seribu.

 

Wisata Pantai Pasir Perawan di Pulau Pari
Tagged on: